50 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir yang Perlu Anda Ketahui


NEBULASPOT - Fakta bayi baru lahir, bagi kawula muda yang akan menikah, ini akan menjadi informasi yang sangat menarik untukmu.  Sebelum Anda menjadi seorang ibu atau ayah, informasi ini akan membuatmu lebih mengerti bagaimana seharusnya mengenali si kecil dan mengambil sikap dengan baik.

Berikut ini 50 fakta tentang bayi yang berusia sekitar satu bulan awal, setelah bayi dilahirkan ke dunia.

1. Miliki Tanda Lahir 

Biasanya tiap-tiap bayi baru lahir mempunyai minimum satu sinyal lahir. Umumnya sinyal lahir ini bakal menghilang dengan sendirinya waktu anak berumur tiga th.. Tetapi sebagian sinyal lahir bakal menetap, bahkan juga melebar. Hal itu dikarenakan ada pembuluh darah halus dibawah kulit.

2. Menangis Tanpa ada Air Mata 

Bayi baru lahir tak menghasilkan air mata sampai berumur sebagian minggu. Hal semacam ini berlangsung karena kelenjar air matanya belum betul-betul berkembang dengan prima. Sesudah berusia sekitaran 2-3 bln. barulah bayi menangis dengan dibarengi linangan air mata. Sebab di umur itu produksi air mata bayi makin bertambah.

3. Berhenti Napas Sebagian Detik 

Bayi baru lahir sering kali berhenti bernapas atau ada jeda pengambilan napas sepanjang sebagian detik. Keadaan ini dimaksud periodic breathing atau napas periodik. Walau sekian tak ada pergantian irama jantung serta tidaklah sampai bikin bibir bayi membiru akibat penurunan konsentrasi oksigen. Periodic breathing biasanya menghilang waktu bayi berumur 2 bln..

4. Punya Tulang Lebih Banyak dari Orang Dewasa 

Waktu lahir, jumlah tulang bayi sejumlah 350. Namun bersamaan menambahnya umur, jumlah tulang menyusut jadi 206 karena sebagian tulang sudah menyatu.

5. Bisa Menelan serta Bernapas Nyaris Bersamaan 

Saat manusia beranjak dewasa, laring bergerak ke posisi lebih rendah di banding saat masih tetap bayi. Hal itu jadikan celah yang cukup besar pada mulut serta laring sisi atas. Karena itu saat dewasa menelan sembari bernapas adalah hal yang susah dikerjakan. Walau sebenarnya saat bayi, manusia benapas serta menelan dengan saat yang amat cepat hingga dapat dikerjakan nyaris berbarengan di satu saat.

6. Selalu Menginginkan Tidur 

Menurut profesor pediatri di Indiana School of Medicine, Indianapolis, William A Engle, sepanjang sebagian minggu pertama hidupnya bayi bakal tidur 18-22 jam satu hari. Bayi bakal tidur lama di siang hari namun jam tiga pagi si kecil kerapkali telah terbangun.

7. Kaki berupa " O " 

dr Yoyos Dias Ismiarto, SpOT (K), staf Departemen Orthopaedi serta Traumatologi RS Hasan Sadikin Bandung menerangkan kaki bayi waktu lahir berupa mirip huruf 'O'. Ini karena waktu di rahim ibu, bayi ada dalam posisi meringkuk. Posisi meringkuk ini adalah sisi penyesuaian janin pada rahim ibu yang sempit supaya merasa nyaman. Makin lama tulang kaki bayi bakal lurus dengan sendirinya waktu berumur 1-2 th..

8. Tersenyum Waktu Tidur 

Pamela Garcy, PhD, seseorang psikolog klinis di Dallas, AS, mengungkap kalau sepanjang fase tidur rapid eye movement (REM), badan bayi alami pergantian fisiologis yang aktifkan refleks spesifik. Salah nya ialah senyum. Senyum bayi di bebrapa saat awal hidupnya yaitu reaksi fisik serta bukanlah sinyal emosional. Refleks lain yang mungkin saja nampak waktu tidur yaitu refleks terperanjat, dimana umumnya ke-2 tangan bayi bakal terangkat, maupun refleks menghisap.

9. Belum Miliki Tempurung Lutut 

Bayi baru lahir tak memiliki tempurung lutut. Dia cuma memiliki kartilago tulang pada lututnya sebelumnya pada akhirnya tulang tempurung lututnya betul-betul nampak di umur 6 bulan

10. Akan Kehilangan Rambut 

Waktu lahir, semua kulit badan bayi ditumbuhi rambut-rambut halus. Rambut itu diberi nama lanugo. Nah, rambut-rambut ini bakal rontok dengan cara perlahan-lahan, hingga kerapkali tak diakui. Lanugo bakal betul-betul menghilang selang beberapa saat.

11. Memiliki Wangi yang Adiktif 

Bayi umumnya mempunyai bau wangi mengasyikkan. Bahkan juga mulutnya juga wangi. Satu studi membuka bau bayi ini sesungguhnya yaitu senyawa kimia sebagai media komunikasi sekalian fasilitas untuk membuat ikatan pada sang bayi dengan ibunya. Bau itu menyebabkan reaksi didalam otak yang sama dengan konsumsi makanan enak atau bahkan juga terkait intim.

12. Tidak Sukai Situasi Sunyi 

Bayi baru lahir tak sukai situasi yang sangat sunyi. dr Wiyarni Pambudi SpA menerangkan kalau sepanjang 9 bln. di rahim, janin tak ada ditempat hening. Ada aliran darah, dan desis usus yang temaninya. Oleh karena itu satu diantara langkah menentramkan bayi yaitu dengan shushing atau memberi nada 'Shhh… shhhh'.

13. Memiliki Beberapa Reflek 

Waktu lahir, bayi sudah mempunyai beberapa reflek. Terkecuali reflek menghisap untuk mempermudah menyusu pada ibunya, bayi juga mempunyai reflek moro atau reflek kejut. Ketika terperanjat karna reflek ini, tangan bayi bakal memposisikan seperti petinju. Refleks ini menolong bayi menyesuaikan serta beradaptasi dengan lingkungan barunya.

14. Berat Tubuh Bayi Turun di Minggu Pertama 

Di minggu pertamanya, bayi dapat kehilangan 5-10 % berat tubuhnya walau ia menyusu setiap jam. Hal semacam ini karena bayi kehilangan cairan dari mekonium. Namun di minggu ke-2 hidupnya, bobotnya bakal kembali bahkan juga jadi bertambah dari mulanya.

15. Wajar Bila Ada Bintik Putih di Wajah 

Janganlah cemas bila di pipi si kecil yang baru lahir nampak bintik putih kecil yang dimaksud milia. Kian lebih separuh bayi yang baru lahir merasakannya. Keadaan ini biasanya bakal hilang dalam satu minggu pertama.

INFO: Toko Online seputar perlengkapan bayi, serta informasi menarik seputar bayi dan parenting : kunjungi babyluna.id

16 Bisa Menangis Kencang Tanpa Ada Argumen 

Bayi dapat menangis dengan kencang walau keadaannya tidak apa-apa serta ia barusan menyusu. Dokter anak di Encinitas, California, Christine Wood, MD., menyebutnya dengan 'kebosanan' hingga bayi jengkel serta menginginkan disentuh atau rasakan situasi baru. Disarankan untuk mengajaknya bermain atau jalan-jalan bila bayi alami hal semacam ini.

17. Mengorok Serta Cegukan Itu Wajar 

Dokter anak William Sears, MD mngatakan kalau mengorok serta cegukan bakal kerap dihadapi bayi hingga umur dua hingga tiga bln.. Satu diantara aspeknya yaitu ekstra produksi air liur untuk persiapan pembentukan gigi. Bayi dapat juga bersin sebagai bentuk kerja hidungnya menyaring partikel waktu bernapas atau karna banyak kotoran di hidung bayi.

18. Mempunyai Kepala Besar 

25-30 % berat tubuh bayi yaitu berat kepalanya. Otaknya sendiri mengonsumsi jumlah 10 % dari keseluruhan berat badannya. Serta hal tersbeut bakal berkembang seiring berjalannya waktu.

19 Feses Pertamanya Hijau Kehitaman 

Feses pertama bayi atau mekonium di produksi bayi baru lahir di dua hari pertama hidupnya. Janganlah terperanjat bila warnanya hijau tua kehitaman. Lama kelamaan warna hijau tua mekonium bakal berbah jadi hijau kecokelatan, lantas beralih jadi kuning dengan materi lebih padat.

20. Grok-grok Waktu Bernapas 

Pada bayi baru lahir, mungkin saja Anda mendengar nada 'grok-grok' waktu dia bernapas. Ini lumrah karena saluran napasnya masih tetap 'lunak', jadi saat bayi baru lahir hirup napas, terwujud tegangan negatif yang bikin nada itu.

Searah dengan pertumbuhannya, serta diperkuat dengan menjemur bayi baru lahir dibawah cahaya matahari yang memiliki kandungan vitamin D jadi bisa memaksimalkan manfaat pernafasan.

21. Hanya Dapat Lihat Warna Hitam-Putih 

Bayi baru lahir baru dapat lihat warna hitam serta putih. Lantas waktu usianya meraih empat bln., barulah mereka mengetahui beragam warna cerah. Sebaiknya, berikanlah mainan yang cerah serta menarik umpamanya yang diperlengkapi bunyi-bunyian supaya pandangan si kecil dapat terlatih.

22. Seperti Ketombe di Kepalanya 

Sebagian bayi baru lahir, kepalanya ada yang tampak kotor seperti kerak ketombe. Hal semacam itu dimaksud cradle cap atau kulit kepala yang tampak berkerak. Kerak ini dapat di hilangkan dengan pemakaian shampo, lotion, atau salep.

23. Mata Tampak Juling 

Mata bayi baru lahir umumnya tampak juling karna belum konsentrasi waktu lihat. Menurut dr Marissa T. S. Pudjiadi, SpA biasanya waktu berusia 3-4 bln., mata bayi telah bisa lihat dengan lebih konsentrasi hingga telah tak akan tampak juling.

24. Berkulit Kuning 

Kulit kuning umum didapati pada bayi baru lahir. dr Aditya Suryansyah, SpA menerangkan kulit kuning ini adalah fisiologis apabila mulai muncul pada hari 2-3 dengan kandungan yang rendah. Tetapi, apabila kandungan bilirubin meraih diatas 10, mesti ada perlakuan serius, terlebih pada bayi dibawah usia 7 hari.


25. Penglihatannya Masih Tetap Samar 

Waktu barusan dilahirkan, bayi mempunyai pandangan yang masih tetap kabur, intinya waktu lihat objek yang jauh. Tetapi janganlah cemas, dia dapat lihat muka Anda, bila Anda mendekatkan muka dengan jarak sekitaran 20-38 cm.

26. Mengenali Lagu yang Didengar Mulai Sejak di Kandungan

 Bayi mengetahui lagu yang mereka dengar didalam rahim hingga empat bln. sesudah kelahiran. Sekian menurut riset yang dikerjakan University of Helsinki. Karenanya, waktu bayi baru lahir tengah rewel dapat dicoba memperdengarkan lagu-lagu yang umum didengar waktu hamil, karna mungkin saja bikin bayi lebih tenang.

Ini menarik, baiknya rutinkan untuk memutar murrotal, lagu-lagu rohani maupun musik relaksasi.

27. Memasukkan Apa Pun ke Mulut 

Bayi baru lahir kadang-kadang memasukkan jari ke mulutnya. Sebagian bln. lalu, saat telah dapat memegang benda, bayi juga condong memasukkan semua benda ke mulutnya. Riset di Prancis tunjukkan bayi yang baru lahir memanglah mempunyai perasaan untuk menempatkan semua suatu hal di mulut mereka sebagai sisi dari usaha bertahan hidup. Karna memasukkan suatu hal ke mulut disimpulkan sebagai kekuatan untuk dapat makan.

28. Area Sekitaran Mulut Paling Sensitif 

Bayi baru lahir yang demikian lemah itu memakai sentuhan manfaat mengeksplorasi apa pun yang ada di sekitarnya. Nah, reseptor sentuhan yang paling peka yaitu di sekitaran mulutnya.

29. Mengenali Nada Ibunya 

Waktu baru lahir, kekuatan mendengar bayi belumlah prima. Tetapi bayi dapat mengetahui nada ibunya, nada yang senantiasa didengarnya paling terang waktu bayi masih tetap ada dalam kandungan. Karena itu mereka merespons tambah baik nada ibunya daripada nada orang lain. Studi dari Kanada mengatakan kalau bayi baru lahir yang tertidur juga bisa mengetahui nada ibunya cuma dari satu kata, serta bisa aktifkan otak yang terkait dengan kekuatan bahasanya.

30. Bernapas Lebih Cepat 

Seseorang bayi baru lahir bernapas tambah lebih cepat dari pada orang dewasa atau anak-anak. Tingkat pernafasan normal mereka sekitaran 40 kali per menit, sedang orang dewasa bernapas pada 12 hingga 20 kali per menit.

31. Punya 10 Ribu Titik Pengecap Rasa 

Bayi baru lahir mempunyai 10 ribu titik pengecap rasa. Jumlah ini jauh semakin banyak dibanding yang dipunyai orang dewasa. Nah, titik-titik pengecap rasa ini terkecuali ada pada lidah bayi, ada juga dibagian samping, belakang, serta langit-langit mulutnya. Tetapi bersamaan pertumbuhannya, titik-titik pengecap rasa di mulut bayi bakal menghilang, hingga tidak lagi sejumlah itu.

32. Perutnya Kecil 

Bayi mempunyai perut yang begitu kecil. Saat berumur sehari ukuran lambung bayi sebesar biji kemiri. Karenanya, ibu tak perlu berikan susu penambahan pada bayi baru lahir yang ASI ibunya masih tetap sedikit. Di umur 3 hari lambung bayi bertambah ukurannya jadi seukuran anggur ukuran tengah. Dalam saat itu, ASI ibu umumnya telah mulai banyak.

33. Kepala Tak Rata 

Biasanya bayi baru lahir mempunyai kepala tak rata serta berupa lonjong. Mereka yang lahir lewat persalinan normal umumnya bentuk kepalanya lonjong meruncing, hal semacam ini berlangsung karna waktu lahir bayi lewat jalan lahir. Tetapi bentuk kepala masih tetap dapat beralih. Karenanya bayi dianjurkan tak terlelu banyak menggunakan saat di satu posisi.

34. Ubun-ubun Tutup di Umur 6-20 Bulan 

Cermati kepala bayi yang baru lahir, tentu Anda dapatkan sisi yang lunak serta berkesan rapuh. Tersebut anterior fontanel atau ubun-ubun. Ubun-ubun nampak karena tulang-tulang kepala bayi belum menyambung keduanya. Biasanya, ubun-ubun tutup di umur 6-20 bln.. Bila ubun-ubun sangat cepat tutup, jadi tulang-tulang yang bersambungan bakal tutup juga.

35. Kondisi Ubun-ubun Dapat Berikan Panduan Dehidrasi 

Bayi yang kekurangan cairan atau dehidrasi dapat diperlihatkan lewat keadaan anterior fontanel atau ubun-ubun yang umumnya tampak di kepala sisi depan. Bila ubun-ubun melesak ke bawah, itu tandanya bayi dehidrasi hingga mesti selekasnya dibawa ke dokter. Sedang bila ubun-ubun menonjol selalu, ini dapat jadi tandanya ada penambahan desakan didalam kepala.

36. Bersin-bersin Tidak bermakna Sakit 

Sebagian bayi baru lahir sering bersin sekian kali dalam rentang saat yang singkat. Bahkan juga sebagian menit sesudah dilahirkan, bayi dapat bersin-bersin. Ini tidak selamanya tandanya sakit, tetapi sensitivitas ekstra yang dipunyai bayi pada keadaan di sekitarnya.

Mungkin saja itu adalah tanggapan untuk menyingkirkan partikel asing kecil di saluran hidungnya. Waktu beradaptasi dengan sinar, bayi dapat juga bersin. Bersin dapat juga berlangsung sebagai mekanisme badan bayi untuk singkirkan lendir atau sisa cairan ketuban di pernafasannya.

37. Otak Bayi Berkembang Begitu Cepat 

Sesudah lahir otak manusia tumbuh dengan cepat serta bahkan juga sudah meraih ukuran 60 % dari ukuran otak dewasa waktu ia meraih umur 1 th.. Masuk umur taman kanan-kanak otaknya sudah meraih ukuran penuh walau belum usai berkembang sampai ia berumur 20-an th.. Biasanya otak tak pernah berhenti beralih untuk jadi tambah baik atau malah lebih jelek.

Bisa kita dapati, bahwa masa-masa emas untuk kecerdasan seseorang bisa dimulai sejak bayi, seperti menemukan bakat terpendam bisa dipantau sedari anak masih bayi.

38. Mengoceh Adalah Tanda Bayi Belajar 

Bayi umumnya keluarkan nada untuk mengemukakan ketertarikannya pada suatu hal. Dengan cara spesial mengoceh adalah tanda yang didapatkan bayi kalau ia siap untuk belajar. Karena itu satu diantara hal yang dapat bikin bayi belajar yaitu mengajaknya bicara, mengutamakan dialog yang baik dengan anak dan orang-tua merespons perkataan bayi dengan vokalisasi berjeda.

39. Bayi Memerlukan Sekurang-kurangnya 3 Orang Dewasa Tidak Sama 

Satu studi yang dilaporkan dalam jurnal Monographs of the Society for Research in Child Development th. 1995 tunjukkan kalau bayi memerlukan sekurang-kurangnya 3 orang dewasa yang mengajaknya berhubungan. Hal semacam ini menunjukkan kalau bayi memerlukan orang dewasa yang lain terkecuali orangtua.

Orang saat ini dapat kakek, nenek, pengasuh, rekan atau anggota keluarga yang lain. Keadaan ini bakal menolong bayi belajar membaca ekspresi muka yang tidak sama dan memperluas kemampuannya untuk tahu perspektif orang lain. Biasanya bayi mulai dapat mengartikan emosi orang dewasa waktu berumur 7 bln..

40. Wajah Bayi Berubah 

Waktu bayi barusan lahir, mungkin saja Anda bakal lihat muka yang sedikit bengkak. Ini adalah akibat akumulasi cairan saat ada dalam rahim plus perjalanan yg tidak mulus dalam lewat jalan lahir untuk lalu lahir ke dunia. Kadang-kadang daun telinga bayi baru lahir sedikit terlipat, hidungnya datar, atau rahangnya tampak sedikit bengkok.

Dengan hilangnya cairan ekstra yang didapat di rahim dan hilangnya trauma waktu lahir, perlahan-lahan muka bayi bakal beralih. Sesudah sekian hari atau sebagian minggu, mungkin saja si kecil bakal makin serupa dengan Anda serta suami.

41. Payudara Sedikit Membengkak 

Bayi lelaki ataupun perempuan lahir dengan payudara yang sedikit membengkak. Ini karena bayi terima konsumsi hormon perempuan dari plasenta sebelumnya kelahiran.

42. Bisa Keputihan 

Bayi perempuan yang barusan dilahirkan mungkin keluarkan cairan tidak berwarna atau berwarna putih seperti keputihan dari organ genitalnya. Walau sebenarnya biasanya yang alami keputihan yaitu perempuan dewasa. Bila bayi perempuan Anda merasakannya,

Anda tidak butuh kuatir. dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA MARS dalam buku 'Anak Sehat : 100 Jalan keluar Sehat dr Tiwi' menyampaikan hal seperti itu adalah hal yang normal. Bahkan juga pernah didapati juga sebagian bayi yang keluarkan darah seperti darah haid.

43. Tangan yang menguasai Digunakan 

Tangan kanan atau kiri yang bakal menguasai dipakai oleh bayi telah ditetapkan mulai sejak umur kehamilan 10 minggu didalam rahim.

44 Kepala Teraba Panas 

Kadang-kadang kepala bayi kerap merasa panas, itu masih tetap lumrah karna pada bayi, kulit sisi kepala memanglah relatif lebih tidak tebal serta kulit sisi lain serta ada banyak pembuluh darah di bawahnya. Namun ingat, kepala yang teraba hangat belum pasti demam. Suhu normal badan bayi yaitu 36, 5 hingga 37, 5 derajat celcius.

Bila anak demam melebihi suhu itu serta diiringi dengan pengurangan nafsu makan serta minum, baiknya orangtua selekasnya membawa anaknya ke dokter. Ingat, ukur suhu badan anak dengan memakai termometer.

45. Wajah yang Lucu serta Menggemaskan 

Bayi jadi lucu bukanlah tanpa ada argumen. Semuanya bayi dilahirkan lucu untuk menggugah insting membuat perlindungan dari orang dewasa. Dalam riset yang dipublikasikan th. 2011 lantas, tim psikolog dari Cina serta Kanada temukan kalau bayi dinilai lebih imut serta lucu di banding anak-anak.

Tingkat kelucuan ini bakal turun waktu bayi mencapai umur 4 th.. Pada bayi, tampilan yang lucu ini betul-betul permasalahan hidup serta mati. Riset lain temukan kalau bayi yang mempunyai mata kecil, dahi datar serta muka persegi condong kurang memperoleh perhatian.

46. Ereksi 

Ereksi dapat juga dihadapi bayi lelaki, yang biasanya berlangsung sebelumnya mereka buang air kecil. Disamping itu testis bayi baru lahir kerapkali susah dirasa, hal semacam ini karna otot yang menempel pada testis menariknya kedalam pangkal paha dengan cepat waktu ruang genitalnya disentuh atau karna hawa dingin.

47. Sering Pipis 

Kian lebih 95 % bayi yang baru lahir kencing dalam 24 jam pertamanya. Otot kandung kemih bayi baru lahir belum berkembang prima hingga bayi baru lahir bakal berkemih sebagian menit sekali.

48. Ingatan Sebelumnya 3 th. 'Menghilang' 

Anak-anak tak ingat banyak momen yang dihadapi ketika usianya dibawah tiga th.. Psikolog menyebutkan hal semacam ini sebagai 'amnesia kanak-kanak'. Berkaitan hal semacam ini, pakar saraf yakin kalau pengalaman awal akan tidak disimpan dalam bank memori periode panjang. Sebab mesin rekaman otak belum berperan karena kekuatan bhs pada bayi yang belum prima.

49. Berenang Dengan Baik 

Bayi lahir dengan kekuatan berenang yang baik serta bisa menahan napasnya. Tetapi kekuatan itu bakal cepat menghilang.

50. Warna Mata dapat Berubah 

Pada intinya, semuanya bayi lahir dengan warna mata yang cerah, serta sistem pigmentasi pada irislah mata belum betul-betul bekerja. Warna asli mata bayi bakal tampak waktu bayi berumur sekitaran 6 bln..

Komentar

Postingan Populer